Rabu, 15 Mei 2013


Lecture : Leon abdillah

Grub A : Knowledge Map      

Knowledge Map adalah sebuah pengetahuan yang di susun sehingga membentuk suatu system yang strategis dan sistematis sehingga menjadi sebuah pengetahuan transparasi sehingga mudah untuk ditransfer atau disebarluaskan.
Dimana kita dapat membuatkan sebuah Knowledge Mapnya sehingga memperumudah perusahaan dalam menentukan mana karyawan sesuai dengan skill masing masing , sehingga dapat membuat sebuah tim yang solid baik dari segi bertanya maupun menjawab sebuah tantangan yang ada dalam perusahaan.

- Knowledege Map lainnya
System yang baru berbasis web database, KnowledgeMap, adalah membuat proses lebih mudah. Database termasuk dokumen yang dibuat dimana pembuatan Knowledege map berupa handout, slide PowerPoint dan web link untuk mempermudah untuk mencari informasi.
Pemetan knowledge map cocok dilakukan terhadap tipe knowledge activities, karena knowledge map dilakukan berdasarkan fungsi kerja.
Dimana dalam membuat knowledge map ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:
o Fokusnya harus ke area yang memang sangat membutuhkan knowledge secara intensif dimana fungsi kerja merupakan knowledge yang dibutuhkan secara intensif.
o Memetakah antara knowledge yang ada dengan para expert tersebut sesuai dengan bidang dan pemetaan pekerjaan di organisasinya.
o Sistem perlu menerapkan sistem index baik untuk asset (knowledgenya) maupun para pemiliknya (expert orangnya)
o disiapkan link disetiap area atau aplikasi dimana karyawan bekerja, sehingga kalau kesulitan bisa langsung terhubung dengan expert yang memang bisa membantu di organisasi.
o Diatur didalam data untuk knowledge map ini bisa terus terupdate secara desentralisasi sehingga tidak tergantung oleh pusat.

Knowledge map adalah cara pemetaan knowledge didalam perusahaan/organisasi berdasarkan keahlian yang dimiliki perorangan atau team, sehingga lebih memudahkan untuk melakukan pengelolaan knowledge didalam perusahaan/organisasi. Knowledge map juga membantu dalam knowledge identification.
Contoh : didalam penempatan karyawan baru yang sesuai dengan keahllian, menentukan seseorang yang pantas dalam memimpin perusahaan.
pengelompokan knowledge map itu ada ditipe knowledge activities karena menilai dari keahlian seseorang dengan melakukan pendekatan orang beraktifitas didalam struktur organisasi, dan lebih rinci dari knowledge yang ada di structural dengan begitu dapat diketahui keahlian dari seseorang dengan cara knowledge map



Team project

2 komentar: